Tuesday, December 29, 2015

Belajar bahasa pemrograman, mulai dari mana?

Belajar bahasa pemrograman, mulai dari mana? Dulu, ketika masih duduk di bangku SMA, saya selalu menyukai hal hal mengenai IT, at... thumbnail 1 summary


Belajar bahasa pemrograman, mulai dari mana?

Dulu, ketika masih duduk di bangku SMA, saya selalu menyukai hal hal mengenai IT, atau komputer lebih tepatnya. Salah satu hal menarik saya kala itu adalah pemrograman. Sayang sekali saat itu saya masih belum melek googling, jadi sangat sangat untuk mendapatkan sumber belajar. pun saya bingung untuk memulai dari mana. waktu itu, saya hanya tahu beberapa bahasa pemrograman yaitu visual basic dan pascal, sempat cari cari bukunya namun nihil! Akhirnya sampai waktu SMA berakhir saya tak dapat sedikitpun belajar pemrograman. Kesenangan saya terhadap komputer dan keingintahuan tentang bagaimana menjadi programmer komputer membawa saya untuk masuk ke jurusan Ilmu Komputer Universitas Sebelas Maret - UNS (Sekarang Informatika). 


Mulai masuk di jurusan ini bahasa pemrograman pertama kali hal yang diajarkan adalah pascal dengan compiler Turbo Pascal Windows .Sebenarnya bukan bahasanya yang diajarkan, tetapi Konsepnya. Ya, nama mata kuliah ini adalah KONSEP PEMROGRAMAN. Mulanya jenuh juga belajar pascal ini, sering bertanya kepada diri sendiri apa gunanya belajar bahasa pemrograman yang tidak bisa bikin aplikasi yang keren dan work alias running di PC kita? Pertanyaan itu terjawab di semester selanjutnya ketika ada bahasa pemrograman lain yaitu Java dan PHP . ya, setelah tahu konsepnya, tahu dasar dasarnya, kita bisa lebih mudah belajar bahasa pemrograman yang lain. Mengerti Looping, Array, fungsi call by value & call by reference, fungsi rekursif dll akan memudahkan kita untuk menulis sebuah aplikasi.

Jadi, mau belajar bahasa permrograman, mulai dari mana? Menurut saya ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk belajar bahasa pemrograman yaitu :

1. Menentukan Bahasa Pemrograman yang akan dipelajari.Hehehe.. ya jelas lah! Menurut hemat saya, ketahui dulu apa yang ingin kamu buat. kalau mau buat website ya belajar dulu html, css & javascript kemudian belajar php untuk membuat website yang dinamis. Kalau kamu mau membuat aplikasi desktop maka kamu bisa belajar C#,C++ atau Java.
2. Mencari rujukan bisa dari blog, forum, atau orang untuk bertanya.Misal untuk belajar membuat aplikasi website, kamu bisa buka www.w3schools.com/php untuk belajar php atau bermain ke blog ini untuk mencari inspirasi :D. Atau gunakanlah google kalau ketemu error, mbah google itu pinter, serius! 
3. Mulai dengan studi kasus.Kenapa mulai dengan studi kasus? Karena dengan studi kasus kamu gak mudah bosen belajar pemrograman. Misal bagaimana belajar membuat blog simpel dengan php. Googling aja dah, nanti banyak contohnya, tiru! pahami
4. Pantang Menyerah.Ini adalah yang paling penting. Ingat, ketika kamu menyerah bisa jadi usahamu akan sia sia.
Selamat belajar pemrograman, happy coding! :D


Arief Adi Nugroho
Pertama kali dipublikasikan di kodeee.blogspot.co.id

No comments

Post a Comment